penelitian kuantitatif

Ini adalah makalah penelitian kuantitafif yang menekankan pada pendekatan dan metodelogi penelitian menurut Nana sauja.. Disusun sebagai tugas matakuliah penelitian kuantitatif di fakultas pasca sarjana uns

PENDEKATAN DAN METODE PENELITIAN

  1. 1.      Konsep dan Macam-macam Metode Penelitian

Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Ada 4 kata kunci yang perlu di perhatikan yaitu:

  • Cara ilmiah hal ini berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan antara lain ; Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang dilakukan dapat diamati oleh indera manusia. Sistematis artinya proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.
  • Data yang diperoleh melalui penelitian itu adalah data empiris yang mempunyai kriteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukan derajat ketetapan antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dikumpulkan oleh peneliti. Data yang valid pasti reliabel dan obyektif. Reliabel berkenaan derajad konsistensi/keajegan data dalam interval waktu tertentu. Obyektivitas berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan antar banyak orang).
  •  Tujuan penelitian ada 3 macam yaitu: Penemuan berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau penetahuan tertentu. Pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
  •  Kegunaan penelitian digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah berarti memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui menjadi tahu, memecahkan berarti meminimlkan atau menghilangkan masalah, dan mengantisipasi berarti mengupayakan agar masalah tidak terjadi.

Jenis-jenis penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan, dan tingkat kealamiahan obyek yang diteliti. Berdasarkan tujuan, metode yang digunakan dapat diklasifikasikan menjadi penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian pengembangan. Sedangkan berdasarkan tingkat kealamiahan, metode penelitian dapat dikelompokan menjadi metode penelitian eksperimen, survey, dan neuralistik.

  1. 2.      Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif didasari oleh filsafat positivisme yang menekankan fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif. Maksimalisasi objektivitas desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. (Nana Syaodih Sukmadinata, 2008:53). Ada beberapa metode penelitian yang dapat dimasukkan ke dalam penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental (Nana Syaodih Sukmadinata, 2008:54-57), di antaranya adalah:

  1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel bebas tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Penggambaran kondisi bisa individual atau kelompok, dan menggunakan angka-angka.

  1. Penelitian survei

Survei digunakan untuk mengumpulkan informasi berbentuk opini dari sejumlah besar orang terhadap topik atau isu-isu tertentu. Ada tiga karakter utama dari survei: 1) informasi dikumpulkan dari sekelompok besar orang untuk mendeskripsikan beberapa aspek atau karakteristik tertentu, 2) informasi dikumpulkan melalui pengajuan pertanyaan dari suatu populasi, 3)informasi diperoleh dari sampel, bukan dari populasi.

  1. Penelitian Ekspos Fakto

Penelitian ekspos fakto meneliti hubungan sebab – akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi perlakuan (dirancang dan dilaksanakan) oleh peneliti. Penelitian hubungan sebab – akibat dilakukan terhadap program, kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau yang telah terjadi.

  1. Penelitian Komparatif

Penelitian diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini tidak ada pengontrolan variabel, maupun manipulasi atau perlakuan peneliti. Penelitian dilakukan secara ilmiah, penelitian mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen yang bersifat mengukur. Hasilnya dianalisis secara statistik untuk mencari perbedaan di antara variabel-variabel yang diteliti.

  1. Penelitian Korelasional

Penelitian diarahkan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel yang lain. Hubungan antara satu dengan beberapa variabel lain dinyatakan dengan besarnya koefisien korelasi dan keberartian secara statistik.

  1. Penelitian Tindakan

Penelitian ini merupakan penelitian yang diarahkan pada mengadakan pemecahan masalah atau perbaikan. Guru-guru mengadakan pemecahan terhadap masalah-masalah yang dihadapi dalam kelas, kepala sekolah mengadakan perbaikan terhadap manajemen di sekolahnya. Penelitian ini difokuskan kepada perbaikan proses maupun peningkatan hasil kegiatan.

  1. Penelitian dan Pengembangan

Metode ini banyak digunakan di dunia industri. Industri banyak menyediakan dana untuk penelitian mengevaluasi dan menyempurnakan produk-produk lama, dan atau mengembangkan produk baru. Dalam bidang pendidikan, penelitian pengembangan dapat digunakan untuk mengembangkan buku, model-model kurikulum, pembelajaran, instrumen evaluasi, model-model kurikulum, pembelajaran, evaluasi, bimbingan, manajemen, pengawasan, pembinaan staf, dll.

  1. 3.      Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, sebagai lawannya adalah eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan gabungan, analisis bersifat induktif/kualitatif,

  1. 4.      Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah observasi objektif terhadap suatu fenomena yang dibuat agar terjadi dalam suatu kondisi yang terkontrol ketat, dimana satu atau lebih faktor divariasikan dan faktor lain yang dibuat konstan.

v  Syarat- Syarat Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian kuantitatif. Penelitian ini dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Dalam metode eksperimen, terdapat tiga persyaratan yang harus dilakukan oleh seorang peneliti yaitu:

  • Kegiatan Mengontrol

Merubah secara sistematis keadaan tertentu

  • Kegiatan Memanipulasi

Mengendalikan kondisi-kondisi penelitian ketika berlangsungnya manipulasi atau memberikan perlakuan dan mengkondisikan keadaan/kejadian yang berbeda dalam subjek penelitian. Apa yang terjadi apabila suatu penelitian membutuhkan desain eksperimental namun kondisinya tidak bisa dikontrol.

  • Kegiatan Observasi
    Mengukur dan mengamati hasil manipulasi.

Dalam penelitian eksperimen peneliti harus menyusun variable-variabel minimal satu hipotesis yang menyatakan hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel yang terjadi.

v  Cara Melakukan Penelitian Eksperimen

  • Peneliti dengan sengaja membangun situasi atau keadaan yang dikenakan kepada subjek penelitian.
  • Penelitian eksperimen biasanya hanya akan melihat hubungan antara beberapa faktor yang sengaja dimunculkan dengan menyisihkan faktor-faktor yang lain.
  • Eksperimen selalu dilakukan untuk melihat akibat dari suatu perlakuan.

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS

PENELITIAN KUANTITATIF

 

 

Oleh :

 

KELOMPOK I

 

FATMA SUKMAWATI

                                          AHMAD MUSHLIH

WAHYUDI

BAZARUDDIN AHMAD

 

 

 

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: